Setiap Hari, Desk Pilkada Laporkan Perkembangan Pilkada Secara Berjenjang


Pemilihan Kepala Daerah merupakan tanggungjawab seluruh komponen pemerintah pusat dan pemerintah daerah, masyarakat menggunakan hak pilih serta mendapatkan informasi komprehensif atas tahapan, profil/figur serta kapasitas pasangan calon. 

Sementara tolak ukur sukses pilkada adalah terjaganya aspek stabilitas nasional, meningkatnya partisipasi pemilih serta memperkuat proses persiapan untuk memperoleh kepala daerah/wakil kepala daerah yang berintegritas. 

Demikian disampaikan Koordinator Desk Pilkada Kemendagri, Suhajar Diantoro, dalam jumpa pers dikantornya, Kamis (28/06). 

Konferensi pers dipandu moderator Astri Megatari dan diikuti Kapuspen Kemendagri Bahtiar dan Sekretaris Desk Pilkada Akmal Malik yang juga Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah. 

Untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2018, Kemendagri telah membentuk Desk Pilkada yang secara umum mempunyai empat tugas. Pertama, melakukan pemantauan pelaksanaan Pilkada di daerah. Kedua, menginventarisir dan mengantisipasi munculnya permasalahan.

Ketiga, memberikan saran dalam menyelesaikan permasalahan Pilkada. Keempat melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan dan pelaksanaan pilkada secara berjenjang dan melaporkannya rutin setiap hari. 

"Laporan Pilgub disampaikan kepada Mendagri, laporan Pilbup dan Pilwalkot disampaikan kepada Mendagri melalui Gubernur," terang Suhajar. 

Disampaikan, Kemendagri telah berusaha secara maksimal memberikan dukungan dalam pelaksanaan pilkada 2018 agar berjalan dengan damai dan lancar. Diantaranya melalui penyediaan dana pilkada (NPHD), koordinasi pemeliharaan keamanan berdasarkan tingkat kerawanan (IKP) dan menyiapkan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4).

Berikut koordinasi demi kelancaran teknis penyelenggaraan pilkada pada masing-masing pemerintahan daerah, peningkatan partisipasi pemilih dan menjaga netralitas ASN.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan