Mendagri : Camat Diminta Jaga Stabilitas Wilayah


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berpesan agar Kepala Wilayah Kecamatan (Camat)   sebagai aparat pemerintahan di daerah selalu menjaga stabilitas di wilayahnya.

Tjahjo mengatakan, jabatan camat merupakan posisi strategis. Namun, dalam menjalankan tugasnya,  camat tak bisa bekerja sendiri. Pesannya, agar dalam setiap proses pengambilan putusan, seorang camat harus selalu berkordinasi dengan jajaran kepolisian, TNI, dan para tokoh masyarakat yang ada di wilayahnya.

"Di kecamatan itu ada kapolsek, danramil (Komandan Rayon Militer), aparatur desa, termasuk lurah. Lalu ada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat yang tidak bisa dipisahkan dalam setiap pengambilan keputusan," kata Tjahjo, Kamis (12/10) malam.

Apalagi memasuki tahun politik pada 2018 mendatang, kata dia, para camat harus mampu mencermati dinamika sosial dan politik yang berkembang di masyarakat.

Menurutnya seorang  camat harus mampu mengkoordinasikan dan mengantisipasi dampak dari dinamika politik yang berkembang sehingga stabilitas politik di wilayahnya dapat  selalu terjaga.

"Harus mampu jaga stabilitas, pemilih ada di bawah, bagaimana tim sukses, partai politik, calon. Camat harus paham ini, dinamika bagaimana, organisirnya seperti apa, harus mampu koordinasi serta mengantisipasi kemungkinan yang terjadi," tambah dia.

Rakornas yang mengangkat tema 'Peran Strategis Camat Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Dan Implementasi Koordinasi Wilayah Dalam Menjaga Keutuhan NKRI' berlangsung di Hotel Crown Semarang, Jawa Tengah. Tema ini dinilai relevan dengan kondisi para camat sekarang.

Menurut Tjahjo, Kegiatan tersebut  akan dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia, karena sejauh ini para camat masih dipandang sebelah mata. Dia berharap melalui forum Rakornas,  para camat yang hadir dapat memberikan masukan dan saran.

Khususnya, yang berkaitan dengan upaya peningkatan fungsi dan efektivitas kecamatan dalam  menjaga stabilitas sosial, politik di masyarakat, yang tentunya akan memperkuat rasa cinta kepada pancasila sebagai dasar dan pemersatu bangsa,  dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Nanti ada lagi forum serupa ini di Sumatera (wilayah Indonesia Barat). Pertemuan seperti ini penting, supaya ada komunikasi antar camat di Indonesia," tambah dia.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan