Wagub Banten Blusukan ke Selatan, Pelajar Keluhkan Internet dan Jalan

Wagub Banten Blusukan ke Selatan, Pelajar Keluhkan Internet dan Jalan

INTERNET kini sudah menjadi kebutuhan primer yang tak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari utamanya dalam berkomunikasi. Begitupun dalam menunjang dunia pendidikan. Seperti celetukan seorang siswa saat Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan kunjungan dadakan ke sekolahnya di SMAN 2 Cibeber, Kabupaten Lebak.

Siswa ini mengeluhkan jaringan internet di wilayahnya yang menurutnya sangat dibutuhkan pelajar dan anak muda seperti dirinya. “Sebagai referensi untuk mata pelajaran dan juga untuk mengetahui dunia luar kan kami butuh internet Pak. Sementara di sini jaringan 4G belum ada,” kata siswa tersebut dalam sesi audiensi dengan wagub, Kamis (24/10/2019).

Dalam kunjungan dadakannya ke sejumlah sekolah yaitu SMAN 2 Cibeber dan SMKN 1 Cipanas, wagub mendapatkan sejumlah aspirasi, mulai dari siswa dan guru di sekolah yang dikunjunginya hingga dari Jaro atau kepala desa setempat.

Mendapati keluhan tersebut, wagub tak menampik jaringan internet yang baik sangat dibutuhkan di era serba digital ini, tak terkecuali bagi warga perdesaan. “Apalagi kan sekarang ini kita menghadapi era yang disebut revolusi industri 4.0 dimana semua hal sangat serba digital,” kata Andika.

Andika berjanji akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait menyangkut bagaimana kemudian di daerah perdesaan hambatan jaringan internet bisa diatasi. Usai beraudiensi dengan para siswa, berikutnya warga yang mengetahui kedatangan wagub pun mulai berdatangan. Tak terkecuali dari unsur pemuda dan pemerintahan desa setempat. Masih di sekolah yang sama, akhirnya wagub menyempatkan untuk menemui karang taruna setempat.

Kepada Andika, para kader dan pengurus karang taruna itu, memamerkan karya kerajinan tangan mereka berupa cendramata yang terbuat dari batok kelapa.

“Alhamdulillah semenjak adanya Wisata Negeri di Atas Awan Gunung Luhur, sehari kami bisa menjual sedikitnya 10 unit kerajinan ini dengan harga bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000. Hanya kami terkendala di permodalan kalau kami ingin mengembangkan lagi kerajinan ini dalam artian diperbanyak perajinnya juga diperbanyak produknya,” kata seorang pemuda karang taruna.

Pada kunjungannya kali ini, wagub juga memantau fasilitas di sekolah-sekolah. Di dua sekolah yang dikunjungi, wagub tampak puas dengan fasilitas yang ada, mengingat dia mendapati fasilitas berupa bangunan dan mebeler dalam kondisi baik dan baru.

“Alhamdulillah kami di sini, selain mendapatkan program renovasi dan mebeler dari Dinas Pendidikan Pemprov Banten juga mendapatkan bantuan laboratorium komputer dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ucap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemprov Banten di Kabupaten Lebak Sirojudin Alfarisy yang mendampingi wagub dalam mengunjungi sekolah-sekolah tersebut.

Usai dari SMAN 2 Cibeber kemudian wagub bertolak menuju SMKN 1 Cipanas untuk meninjau hal serupa di sekolah yang menjadi wewenang Pemprov Banten itu. Wagub tampak dibonceng menggunakan sepeda motor untuk mencapai kendaraan dinasnya di jalan raya, karena jalan akses menuju SMAN 2 Cibeber sedang dilakukan perbaikan sebagaimana terungkap dalam audiensi, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.


Click Here To See More