Sp4n Lapor untuk Pelayanan Publik yang lebih baik

Sp4n Lapor untuk Pelayanan Publik yang lebih baik

Kota Serang - Biro Organisasi Repormasi Birokrasi Setda Provinsi Banten menggelar bimbingan teknis (bimtek) implementasi  Aplikasi Layanan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) di  yang digelar secara virtual meeting.

 

Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Biro Organisasi Repormasi Birokrasi Setda Provinsi Banten (Dr. H. Dian Wirtadipura, M.Si) dan menghadirkan narasumber dari Kementerian PAN-RB Rosikin,S.Si., MM (analis kebijakan) dengan materi SP4N LAPOR! Sebagai aplikasi umum.

 

“Bimtek bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya melalui penguatan semangat akuntabilitas pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.  Menurut Eneng, aplikasi ini didasarkan makin meningkatnya penggunaan atau pemanfaatan media telekomunikasi yang makin maju dan berkembang saat ini”. 

 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten (Ir. Hj. Eneng Nurcahyati) saat menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) SP4N LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat di Gedung Terpadu, KP3B Curug - Kota Serang, Rabu (24/02/2021).

 

“Melalui aplikasi SP4N Lapor akan memberikan dampak pelayanan maksimal bagi warga masyarakat. “Pengelolaan pengaduan merupakan hal penting sebagai sarana perbaikan layanan publik, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dasar pengambilan keputusan dan kebijakan serta mengawal akuntabilitas pemerintah”.

 

Rosikin mengatakan, SP4N Lapor sebagai bentuk transparansi penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat. “Setiap instansi pemerintah diharuskan tersambung dengan aplikasi ini dan sungguh-sungguh mengelolanya,”.
 

Bimtek dihadiri seluruh pejabat penghubung atau yang mewakili dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. SP4N Lapor merupakan sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan kementrian, pemerintah daerah serta BUMN/BUMD.

 

Aplikasi ini dikembangkan  Kantor Staf Presiden dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pengawasan program dan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan publik.

 

Untuk pengelolaan SP4N Lapor, Gubernur Banten telah menerbitkan Keputusan Gubernur Nomor : 060.05/Kep.24-Huk/2021 tentang Penunjukan Pejabat Penghubung Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Nasional pada Perangkat Daerah Provinsi Banten tanggal 25 Januari 2021. 

 

Adapun tindak lanjut dari hasil Rapat ini adalah :

  1. Pemerintah Kabupaten/Kota/Provinsi menetapkan Admin dan Pejabat Penghubung melalui SK Tim Pengelolaan Pengaduan dan Menetapkan Tim Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik, ditingkat Pemda, maupun tingkat unit kerja ataupun unit penyelenggara pelayanan publik terdepan;
  2. Menetapkan ADMIN dan SUB ADMIN/ Pejabat Penghubung yang akan mengelola LAPOR!-SP4N;
  3. Menyerahkan SK Tim Pengelola Pengaduan kepada Kementerian PANRB untuk di daftarkan dan mendapat akses login Admin dan Pejabat Penghubung. SK LAPOR-SP4N: email ke lapormenpan.go.id;
  4. Mengikuti Bimtek untuk fasilitator
  5. Mengintegrasikan sarana pengelola pengaduan yang sudah ada di Pemda (SMS hotline/ Website Pengaduan/ Webs apps, dll ) dengan LAPOR!-SP4N:
  6. Menyusun SOP penyelesaian pengaduan ditingkat Pemda, maupun tingkat unit kerja ataupun unit penyelenggara pelayanan publik terdepan;
  7. Monitor terhadap penyelesaian pengaduan di tingkat Pemda pada aplikasi LAPORI!-SP4N;
  8. Memanfaatkan aplikasi LAPOR!-SP4N sebagai sarana pengawasan jalannya pelayanan publik;
  9. Menindaklanjuti pengaduan yang tidak terselesaikan setelah mendapatkan DISPOSISI dari Kementerian PANRB selaku pemegang mandat pengelolaan SP4N.