RSUD Provinsi Banten Kembali Operasional Khusus Covid-19

RSUD Provinsi Banten Kembali Operasional Khusus Covid-19

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Banten kembali operasional khusus atau menjadi rumah sakit rujukan Covid-19. Hal itu untuk meningkatkan penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Banten.

 

"Terhadap yang dirawat, tentunya kami perlu dan sedang berusaha menambah ruang isolasi, ruang ICU (Intensive Care Unit), dan tempat tidur," ungkapnya di Rumah Dinas Gubernur Banten Jalan Ahmad Yani No. 158 Kota Serang (Senin, 28/9/2020).

 

"RSUD Provinsi Banten yang sebelumnya sempat memberikan layanan umum, kami kembalikan lagi ke operasional khusus Covid-19," tambahnya.

 

Gubernur juga menyatakan, meski persentase antara yang meninggal dan yang sembuh relatif kecil, Pemprov Bantem juga menyiapkan tempat pemakaman umum (TPU) kasus Covid-19 seluas satu (1) hektar di Taktakan, Kota Serang. Hal ini juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Walikota Serang Syafrudin.

 

"Hal itu untuk menjawab kesulitan yang dialami masyarakat untuk pemakaman kasus Covid-19," jelasnya.

 

Gubernur juga menghimbau masyarakat sekitar bekerjasama dan mendukung program ini karena proses pemakaman yang dilakukan sesuai protokol kesehatan. Sehingga tidak bakal menulari masyarakat.

 

"Tidak akan menular ke masyarakat sekitar. Jangan mau diprovokasi nanti," himbaunya.

 

"Untuk kepentingan kita bersama. Kepentingan pemerintah menyediakan fasilitas. Kepentingan saudara-saudara kita yang meninggal dan keluarganya terfasilitasi," pungkasnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti melaporkan, kasus Covid-19 di Provinsi Banten dalam satu (1) bulan terakhir cukup mengkhawatirkan dengan lonjakan orang yang terinfeksi atau terpapar Covid-19. Terutama dengan adanya klaster perkantoran, klaster industri, dan klaster keluarga.

 

"Kita perlu terus dan serius meningkatkan kewaspadaan, kesadaran, dan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.

 

"Progres dan capaian yang baik dalam penanganan Covid-19 tidak lain berkat kerjasama semua pihak serta kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengendalian dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Provinsi Banten," pungkasnya.

 

    Sebagai informasi data kasus Covid-19 di Provinsi Banten pada Senin 28/9/2020 pukul 18.00 WIB: kasus positif sebanyak 5.326 orang, masih dirawat     sebanyak 1.395 orang,  sembuh sebanyak 3.744 orang,dan yang meninggal sebanyak 187 orang.


Click Here To See More