RAPAT KOORDINASI PERUBAHAN SOTK

RAPAT KOORDINASI PERUBAHAN SOTK

Kota Serang – Tak lama seusai dilantik Gubernur Banten (WH), Kepala Biro Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten (Gunawan Rusminto, AP, M.Si) langsung menggelar pertemuan dan silaturahmi dengan seluruh Pejabat Administrator (Eselon III) dan Pejabat Pengawas (Eselon IV), lingkup Biro Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten.

Dijelaskan, Gunawan pelantikan tersebut merupakan bagian dari mengisi kekosongan jabatan pratama dan pengukuhkan jabatan sesuai dengan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) di Pemprov Banten.

 

Dalam kesempatan itu, Gunawan juga menyampaikan beberapa hal penting tentang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi hal itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Banten Nomor 43 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Banten Nomor 38 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Jabatan Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas Perangkat Daerah yang menekankan tugas dan fungsi Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten mempunyai tugas pokok membantu Asisten Pemerintahan penyiapan perumusan kebijakan daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang pemerintahan, otonomi daerah, kerja sama, bina mental spiritual, kesejahteraan rakyat non pelayanan dasar, kesejahteraan rakyat pelayanan dasar serta penatausahaan Biro.

Demikian dikatakan Gunawan pada Rapat Koordinasi Perubahan SOTK di Aula Lt. II Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Gedung SKPD Terpadu KP3B Curug - Kota Serang pada Jumat, (16/10/2020).

Selain itu, realisasi anggaran Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat juga menjadi salah satu poin yang dibahas. Gunawan mengungkapkan, secara persentase Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat hingga September 2020 belum optimal melakukan realiasi hingga 100% dari total pagu anggaran dikarenakan Pemerintah Provinsi Banten melakukan pergeseran atau refocusing anggaran terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19) dan Penyesuaian Sistem Kerja ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

“Untuk itu disampaikan pada setiap Bagian di lingkup Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat agar meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan penyerapan anggaran melalui program-program yang telah direncanakan sebelumnya, melalui media daring” ujar Gunawan.

Selain itu, Gunawan juga meminta pejabat eselon III dan IV serta seluruh staf untuk saling berkoordinasi dalam menyusun dan melaksanakan rencana program guna menunjang tugas dan fungsi dari Biro Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten “Sehingga nantinya tidak ada beban pekerjaan yang tidak dapat terselesaikan dengan baik,” imbuh Gunawan.

Tak lupa, Gunawan kembali mengingatkan seluruh pegawai untuk meningkatkan produktivitas kinerja secara optimal di masa pandemi Covid-19. “Namun tidak lupa untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang dianjurkan oleh Pemerintah tetap harus dipahami dan dipatuhi,” ungkap Gunawan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan Setda Provinsi Banten (Drs. Septo Kalnadi, MM) Pertemuan yang dilaksanakan di Gedung SKPD Terpadu tersebut berjalan dengan lancar dan hikmat. Selain sebagai penyambutan dan perkenalan secara kedinasan, forum itu diharapkan dapat menjadi ajang silahturahmi antara setiap pegawai di lingkup Biro Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten.