Pj Gubernur Al Muktabar Canangkan Gerakan Banten Melawan Osteoporosis

Pj Gubernur Al Muktabar Canangkan Gerakan Banten Melawan Osteoporosis

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan Pencanangan Gerakan Banten Melawan Osteoporosis di Lapangan Upacara Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Jum'at (26/8/2022). Osteoporosis satu kondisi ketika kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah.

“Kegiatan ini upaya kita dalam mencegah osteoporosis. Serta akan membantu kita untuk produktif karena sehat,” ungkap Al Muktabar. “Bagian dari ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan,” tambahnya.

Dikatakan, Pencanangan Gerakan Banten Melawan Osteoporosis bagian dari upaya promotif (peningkatan kesehatan) dan preventif (pencegahan penyakit) dalam menjaga kesehatan.  “Untuk sehat, satu di antaranya dengan berolahraga. Tulang kita juga harus kita rawat. Dengan olahraga, ada hubungan gerak kita terhadap kesehatan tulang,” tambahnya.

Diungkapkan, dengan tubuh sehat dan produktif, akan dapat turut melaksanakan pembangunan Provinsi Banten yang akumulasinya adalah pembangunan Indonesia. Pemprov Banten bersama Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) dan para pemangku kepentingan mengkampanyekan kesehatan tulang. “Pemprov Banten terus melaksanakan program-program kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Al Muktabar.

“Kepada warga masyarakat Banten yang belum vaksinasi ketiga atau booster Covid-19, saya imbau untuk mengikuti vaksinasi III. Dengan mengikuti vaksinasi, kekebalan tubuh kita akan meningkat,” imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Perwatusi Anisa H Hutagalung mengungkapkan osteoporosis tidak hanya terjadi pada orang tua. Mereka yang masih muda khususnya perempuan bisa terjadi osteoporosis.

“Osteoporosis harus kita cegah. Salah satunya dengan senam,” ungkapnya. Dikatakan, satu di antara tiga perempuan mengalami osteoporosis. Sementara untuk lak-laki satu berbanding lima.

Pencanangan Gerakan Banten Melawan Osteoporosis dilaksanakan secara hybrid. Pelaksanaan pencanangan di Lapangan Upacara Sekretariat Daerah Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang secara online terhubung dengan 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten.

Sumber : Adpim Banten