Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Kejaksaan Tinggi Banten dan Pemerintah Daerah se-Provinsi Banten serta Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset P3D Bidang Kelautan dan Perikanan

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Kejaksaan Tinggi Banten dan Pemerintah Daerah se-Provinsi Banten serta Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset P3D Bidang Kelautan dan Perikanan

Kota Serang – Gubernur Banten (Dr. H. Wahidin Halim, M.Si) menandatangani Kesepakatan Bersama Antara Kejaksaan Tinggi Banten dan Pemerintah Daerah se-Provinsi Banten serta Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Aset P3D Bidang Kelautan dan Perikanan di Wilayah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, KP3B Curug, Kota Serang, pada Kamis (7/10/2021).

 

Agenda tersebut dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten, Bupati Tangerang, Bupati Serang, Bupati Pandeglang, Kejaksaan Tinggi Banten, KPK, BPK, BPKP, Inspsektorat se-Provinsi Banten, DKP Provinsi Banten dan Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten dan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

 

Adapun, penandatanganan kerja sama ini merupakan bentuk jalinan kerja sama yang pertama di Indonesia antara Pemerintah Provinsi dengan Kejaksaan Tinggi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pencegahan tindak pidana korupsi di Provinsi Banten. Kerja sama ini juga disertai kerjasama Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kejaksaan Negeri se-Provinsi Banten.

 

Dalam sambutannya Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten ( Dr. H. Muhtarom, SE., MM., Ak., CA) menyampaikan, dari 18 pelabuhan perikanan yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 6/Kepmen-KP/2018 tentang Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional (RIPPN) 1 pelabuhan perikanan (PPN Karangantu) menjadi kewenangan Pusat. Sisanya, 17 pelabuhan perikanan menjadi kewenangan Pemprov Banten, 2 di antaranya sudah melakukan proses P3D yaitu Pelabuhan Perikanan Binuangeun Kabupaten Lebak dan Pelabuhan Perikanan Cituis Kabupaten Tangerang. 

 

 

“Hari ini dilakukan Penandatanganan P3D untuk 2 pelabuhan perikanan di Kabupaten Tangerang, 6 pelabuhan perikanan di Kabupaten Serang, dan 7 pelabuhuan perikanan di Kabupaten Pandeglang,” ungkapnya.