Pasca Dua Tahun Pandemi, Pemprov Banten Kembali Geliatkan Sektor Pariwisata

Pasca Dua Tahun Pandemi, Pemprov Banten Kembali Geliatkan Sektor Pariwisata

 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten saat ini fokus membangkitkan perekonomian daerah pasca dua tahun dilanda Pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengembangan pariwisata.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten M Tranggono seusai meninjau lokasi Desa Wisata Sukarame Kab. Serang dan kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Provinsi Banten di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (16/7/2022). 

Tranggono mengatakan, ada tiga tujuan destinasi wisata yang sedang dikembangkan, yaitu Anyer, Banten Lama dan yang ketiga Tanara. "Saya melihat potensinya ini banyak,  terdapat wisata religi dan wisata alamnya," katanya. 

Menurutnya, saat ini Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar juga sedang berkonsentrasi pengembangan pariwisata dalam percepatan pembangunan Provinsi Banten, salah satu konsep yang tengah didorong bagaimana menciptakan wisata yang nyaman bagi wisatawan.  "Di Tahura sendiri menarik turis-turis asing kita melihat ada potensi-potensi yang bisa kita promosikan, ini yang perlu sinergitas, termasuk tadi dengan warga," imbuhnya. 

Tranggono juga menuturkan, Pemprov Banten telah melakukan identifikasi lokasi-lokasi wisata, sehingga kedepan para penggiat wisata dapat menawarkan sebuah paket wisata kepada calon wisatawan. Oleh karena itu diperlukan kerjasama semua pihak. 

"Alhamdulillah sudah banyak institusi yang mau membantu kita  untuk mengembangkan objek wisata, tapi ini kuncinya kita tidak bisa sendiri harus berkolaborasi, pada prinsipnya bagaimana kita mempercepat pertumbuhan ekonomi Banten lebih cepat lagi," jelasnya. 

Lebih lanjut, kata Tranggono, pariwisata saat ini bukan hanya memasarkan bagaimana lokasinya saja, melainkan dapat di kolaborasi dengan penampilan kesenian. Dengan seperti itu diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

"Kami mendukung Desa Sukarame ini, mudah-mudahan yang kami dorong paling tidak ada Desa yang bisa menjadi pilot project untuk pilot ke Desa-Desa lainnya," tandasnya.

Sumber : BantenProv


Click Here To See More