Implementasikan e-Government, Biro Pemkesra Bangun Aplikasi SI-LEUPEUT BANTEN

Implementasikan e-Government, Biro Pemkesra Bangun Aplikasi SI-LEUPEUT BANTEN

Implementasikan e-Government, Biro Pemkesra Bangun Aplikasi SI-LEUPEUT BANTEN

Oleh : Aan Kusnandar, S.Sos

 

Kota Serang – Sebagai upaya mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

 

Dan dalam rangka meningkatkan sinergitas antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota khususnya di Bidang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah guna mendukung pembangunan daerah, Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Penyelenggaraan Pemerintahan pada Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Setda Provinsi Banten telah membangun sistem informasi internal berbasis web yang telah terintegrasi dengan SI-LEUPEUT BANTEN.

 

Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Banten (Gunawan Rusminto, AP., M.Si) mengatakan Aplikasi E-LPPD merupakan sistem aplikasi dibuat untuk mempermudah OPD Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota dalam penyampaian LPPD secara Online.

 

“Sistem ini akan digunakan oleh pihak eksternal OPD Provinsi Banten dan dibangun dengan database terpusat secara real time, sehingga akan terciptanya 1 (satu) data yang akurat dan dapat mengurangi resiko redundansi data serta resiko terlambatnya penyebaran informasi pelaporan oleh karenanya kami bekerjasama dengan Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten membangun Sistem Aplikasi SI-LEUPEUT BANTEN” jelasnya.

 

Selain itu, Kepala Biro Pemkesra membeberkan “pengembangan sistem pemerintahan berbasis elektronik tersebut diharapkan dapat mendukung memudahkan kinerja setiap aparatur pada masing-masing organisasi perangkat daerah dalam proses penyusunan perencanaan pembangunan hingga evaluasi”.

 

“Keberadaan E-LPPD ini sebagai alat bantu agar setiap daerah dapat segera memasukkan data terkait penyelenggaraan pembangunan daerah. Dengan demikian, proses penyusunan  laporan dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien tentunya dapat meningkatkan kinerja OPD di lingkungan Provinsi Banten dan Kab/Kota. Dengan diterapkannya inovasi e-LPPD, penyusunan LPPD di tahun mendatang Banten akan meraih prestasi dengan kinerja terbaik” ujarnya.

 

Lebih lanjut Gunawan juga berharap kedepan akan ada inovasi-inovasi baru dalam pelaksanaan program/kegiatan yang dikembangkan oleh Biro Pemkesra dan tetap bertekad untuk terus meningkatkan manfaat dan kinerja sistem di lingkup Biro Pemkesra dalam rangka optimalisasi pengembangan aplikasi serta mendorong percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang diyakini menjadi dasar dalam pemberian pelayanan prima bagi masyarakat dalam bentuk memfasilitasi pengajuan administrasi tentang usulan/pengajuan yang menjadi tugas dan fungsi Biro Pemkesra” pungkasnya.

 

Berikut Link Aplikasi E-LPPD https://e-lppd.bantenprov.go.id/