Buka Seleksi Petugas Haji Daerah, Gubernur WH: Ibadah Apapun, Semangatnya Disiplin

Buka Seleksi Petugas Haji Daerah, Gubernur WH: Ibadah Apapun, Semangatnya Disiplin

"Ibadah haji, sholat dan lainnya harus dengan disiplin. Ibadah apapun, semangatnya disiplin," ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) dalam Pembukaan Seleksi Petugas Haji Daerah (PHD) Provinsi Banten Tahun 20220 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daeran (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Kamis (5/3/2020).

 

"Oleh karena itu, disiplin menjadi penting," tegas Gubernur WH.

 

Dalam kesempatan itu, Gubernur WH juga berpesan kepada panitia seleksi untuk tidak melaksanakan seleksi layaknya ujian pada anak-anak sekolah. Panitia seleksi diminta untuk lebih memperhatikan kemauan peserta untuk membantu para jamaah haji yang dibimbingnya. Gubernur juga menilai rasio perbandingan antara pembimbing dan jamaah haji yang dibimbing belum ideal.

 

Sementara itu kepada para peserta seleksi, Gubernur juga berpesan untuk ikhlas dalam membimbing para jamaah haji. Mempunyai hati mulia untuk menjadi pembimbing.

 

"Kita akan berkirim surat untuk mengajukan penambahan kuota jamaah haji asal Banten," ungkapnya.

 

Warga Banten, lanjut Gubernur WH, sudah banyak yang masuk kelas menengah. Hal itu turut ditunjukkan dengan rendahnya tingkat kemiskinan. Selain itu, juga untuk mengurangi lama daftar tunggu jamaah haji asal Banten. Sebagai informasi, lama daftar tunggu  jamaah haji Provinsi Banten pada tahun 2020 mencapai 22 tahun. Artinya, calon jamaah haji yang daftar di tahun 2020 baru bisa berangkat pada tahun 2042.

 

"Kita lanjutkan tradisi para ulama. Kita sekarang menuntaskan pembangunan Kawasan Kesultanan Banten. Membangun aula di atas lahan 4,5 hektar. Semua aktivitas keagamaan kita pusatkan di sana," jelasnya.

 

Dikatakan, Kawasan Kesultanan Banten merupakan ikon Provinsi Banten. Para peziarah Walisongo belum merasa tuntas kalau belum ziarah ke para wali dan Sultan Banten.

 

"Makanya, para peziarah saya fasilitasi dengan melakukan perbaikan. Insya-Allah menjadi ikon, bahwa Banten siap dengan segalanya. Kita kembangkan juga peziarahan Syech Asnawi Caringin. Jalannya kita lebarkan. Sehingga dari Pintu Tol Serang Timur bisa langsung ke Caringin," ungkap Gubernur WH

 

Menurutnya, Banten pada masa lalu luar biasa. Orang Banten harus bangga. Tidak hanya pada peran Syeh Nawawi tapi juga peran Kesultanan Banten yang di masanya merupakan kerajaan besar di Nusantara.

 

Dalam kesempatan itu, Gubernur WH juga sampaikan program pembangunan lainnya seperti program sekolah gratis dan pembangunan gedung sekolah, program PBI untuk BPJS Kesehatan bagi warga tidak mampu, hingga bantuan untuk pondok pesantren.

 

"Kalau administrasi pesantren benar, anggaran bantuan saya tambah.  Anggaran kita cukup. Cuma anggaran ada akuntabilitasnya, administrasinya dan pertanggungjawabannya. Kalau anggaran kita pergunakan untuk menolong orang, ada saja rejeki. Buktinya anggaran kita meningkat terus," ungkapnya.

 

"Doakaan, semoga Banten menjadi baldatun thoyyibatun warabbun ghoffur. Amiin," pungkas Gubernur WH.

 

Berdasarkan data Biro Kesra Setda Provinsi Banten,  jumlah Petugas Haji Daerah Provinsi Banten Tahun 2020 berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 121 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kuota Haji Indonesia Tahun 1441 H /2020 M sebanyak 73 Petugas Haji Daerah/TPHD.

 

Petugas Haji Daerah/TPHD bertugas membantu Petugas Kloter yang terdiri dari rekrutmen Kementerian Agama RI yakni Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan  Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Serta rekrutmen Kementerian Kesehatan untuk Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

 

Untuk Petugas Haji 2020 Provinsi Banten total 197 orang. Terdiri dari : TPHD sebanyak 73 orang, TPHI sebanyak 25 orang, TPIHI sebanyak 24 orang, dan TKHI sebanyak 75 orang.

 

Sementara itu, jumlah jamaah haji Provinsi Banten berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 121 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kuota Haji Indonesia Tahun 1441 H /2020 M, sebanyak 9.461 Jamaah Haji, termasuk TPHD di dalamnya. Rasio petugas haji terhadap jamaah haji di Provinsi Banten saat ini mencapai 47,6 dari 9.388 jamah haji dibagi 197 petugas haji.