Buka Orientasi Anggota DPRD, Gubernur Ajak Peserta Berkontribusi untuk Banten

Buka Orientasi Anggota DPRD, Gubernur Ajak Peserta Berkontribusi untuk Banten

"Selamat! Telah terpilih menjadi anggota dewan," ucap Gubenur Banten Wahidin Halim (WH) mengawali sambutan saat membuka Orientasi Anggota Dewan Terpilih Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Banten, Karang Tanjung Kabupaten Pandeglang, Senin, (21/10/2019).

 

"Saya berharap, kehadiran Bapak dan Ibu sekalian berkontribusi besar terhadap pembangunan daerah masing-masing," tambahnya.

 

Gubernur mengajak para anggota dewan terpilih untuk bersama membangun daerah sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Tidak ada jarak.

 

"Fungsi legislasi dibicarakan bersama. Fungsi kontrol, pengawasan agar pekerjaan eksekutif bermanfaat bagi masyarakat. Hubungannya rekat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

 

Gubernur juga mengingatkan para anggota dewan terpilih untuk efisiensi dalam mengatur waktu. Terlebih nanti, bakal lebih sibuk ketika konstituen sudah sering datang ke rumah atau ke kantor. 

 

"Eksekutif tanpa DPRD tidak bisa apa-apa. Harus bekerjasama, tidak ada jarak dan persoalan. Kalau pembangunan berhasil, berarti DPRD juga berhasil," tegasnya. 

 

"Kalau program pemerintah berhasil, berarti program dprd berhasil. Karena kalau ada masalah tentu wakil dari daerah itu yang ditanya terlebih dulu," tambah Gubernur

 

Menurut Gubernur, saat ini tidak ada hirarki antara provinsi dengan kabupaten/ kota. Masing masing merupakan daerah otonom. Posisinya setara. Masing-masing memiliki kewenangan. Tidak ada kewajiban memberikan bantuan kepada daerah.

 

"Cuma provinsi diperkuat sebagai perwakilan pemerintah pusat. Gubernur sebagai pengawas dan pembinaan atas kerja kabupaten kota. Tidak lagi kita pertentangkan hubungan kabupaten/kota, provinsi dan pusat dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, red)," jelasnya.

 

Gubernur juga memaparkan fokus pembangunan Pemprov Banten yang saat ini menitikberatkan pada pembangunan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, serta pertanian. Pemprov Banten juga sudah memperluas destinasi wisata. Kini Provinsi Banten tidak hanya mengandalkan wisata alam pantai. Namun juga ada wisata alam Negeri Di Atas Alam, wisata religi dengan Revitalisasi Kawasan Kesultanan Banten, serta bakal membangun wisata agro seiring langkah Pemprov Banten menyewa lahan 3000 hektar untuk pengembangan pertanian di Provinsi Banten.

 

Sebagai informasi, Orientasi Anggota Dewan Terpilih Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang diikuti oleh 100 orang dan berlangsung selama 4 hari. Orientasi dilakukan sekali selama masa jabatan setelah ucapkan sumpah jabatan.(PRESS RELEASE HUMAS PEMPROV BANTEN)