Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021

Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021

Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021

Oleh : Andriana, SE

 

Kota Serang – Mewakili Kepala Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten, Kepala Bagian Pemerintahan (Drs. H. Nanang Irawan, M.Si) selaku PPID Pembantu Biro Pemkesra hadir menerima penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021, yang diselenggarakan di Pendopo Gubernur Banten pada Rabu (24/11/21).

 

Agenda tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Banten (Andra Soni) dan Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Banten (Dr. H. Muhtarom, MM, Ak, CA) juga diikuti 8 pemerintah kabupaten/Kota, BUMD, Lembaga Non Struktural (LNS) dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.

 

Pada moment ini, Biro Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Banten meraih Penghargaan dengan kategori “Menuju Informatif” penghargaan diberikan dalam rangka apresiasi hasil evaluasi terkait transparansi tentang Keterbukaan Informasi oleh Komisi Informasi (KIP) Provinsi Banten Tahun 2021 dengan hasil capaian nilai 82,44. Ditahun sebelumnya berturut-turut Biro Pemerintahan mendapat nilai 80,36. 

 

Ketua Komisi Informasi Provinsi Banten, Hilman menyampaikan penganugerahan Badan Publik adalah bagian dari implementasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kepatuhan tersebut diawali dengan kewajiban Badan Publik dalam mengumumkan informasi publik yang dimilikinya sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya melalui website resmi yang dimiliki Badan Publik.

 

"Pada tahapan berikutnya memastikan ketersediaan prasarana dan sarana Pejabat Pengelola Dokumentasi dan Informasi (PPID). Ia menegaskan bahwa orientasi keterbukaan informasi adalah bukan permohonan informasi, tapi memberikan kemudahan akses informasi". katanya.

 

Sementara itu Kepala Bagian Pemerintahan (Drs. H. Nanang Irawan, M.Si) selaku PPID Pembantu Biro Pemkesra mengatakan Person in Charge (PIC) dalam pengelolaan website diharapkan menjadi penghubung komunikasi antara Sub Bagian lingkup Biro Pemkesra dalam mempublikasikan program dan kinerja masing-masing.

 

“Karena bagaimanapun setiap keberhasilan sebuah program kegiatan yang terlaksana, tanpa didukung publikasi, maka masyarakat tidak akan tahu dan itu sangat disayangkan,”. Untuk itu, Nanang mendorong agar semua sub bagian  bisa menyampaikan tentang capaian, program kerja, dan kegiatan minimal tahu apa agenda-agenda strategis Biro," kata Nanang.


Lebih lanjut, Nanang meminta agar para sub bagian untuk membantu menyediakan data, bahan, dan informasi yang dibutuhkan untuk disampaikan kepada publik melalui website resmi Biropemkesra.



Prinsipnya, kata Nanang, akan mensupport penuh kerja PIC, selama data yang disampaikan valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, sub bagian diminta untuk tidak ragu dalam mengirimkan bahan-bahan yang akan diolah menjadi rilis pemberitaan. Minimal sampaikan pointer-pointer penting, nanti Person in Charge (PIC) yang olah " jelasnya.


Dengan adanya penghargaan ini sebagai bukti bahwa Biropemkesra sebagai badan publik yang terus berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan berbagai informasi bagi masyarakat Banten sebagai wujud keterbukaan informasi publik pungkasnya.