Bimtek Website OPD

Bimtek Website OPD

Kota Serang – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Provinsi Banten melalui Bidang Aplikasi Informatika dan Komunikasi Publik (Aptika) tepatnya Seksi Pengembangan Aplikasi informatika, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Website OPD (Organisasi Perangkat Daerah), di ruang rapat Lt. 2 Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten, KP3B Curug – Kota Serang, Senin (17/02/2020). Bimtek tersebut dihadiri oleh 41 peserta sebagai admin website OPD dilingkungan Pemprov Banten.

Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi informatika Rahmat Tamam mewakili Kabid Aptika beserta Kadis Kominfo, langsung membuka Bimtek tersebut. Selain membuka acara, Rahmat Tamam juga menyampaikan beberapa hal terkait website OPD Provinsi Banten antara lain yaitu terkait updating konten di website OPD Provinsi Banten masih ada saja OPD yang belum lengkap. Menurutnya, updating konten website ini dilakukan secara rutin setiap bulan. Selain updating konten, tampilan website OPD juga masih ada beberapa yang belum menyesuaikan dengan template baru, terdapat enam template baru yang disediakan oleh tim IT Diskominfo.

Rahmat tamam menambahkan, konten website OPD juga sudah dikoordinasikan dengan PPID utama Pemprov Banten apalagi terkait menu PPID, karena seperti diketahui dalam setiap website OPD terdapat menu PPID yang juga kontenya harus terisi secara lengkap salah satunya contoh adanya data laporan LHKPN. Sebagai tindak lanjut para admin website OPD, maka Rahmat tamam menampilkan keseluruhan updating konten website OPD per Januari 2020, namun secara random mengecek konten website OPD yang sampai Januari 2020 masih ada yang belum update misalkan menu berita, menu PPID dan menu lainnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada Bimtek tersebut yaitu Endang dari Tim IT Diskominfo Banten. Dalam acara tersebut, Endang menyampaikan beberapa hal terkait tampilan website OPD sekaligus menawarkan kepada para admin website OPD untuk menambahkan tampilan – tampilan lain misalkan tampilan foto kepala OPD.

Di penghujung acara, hadir Kadis Kominfo Komari yang sebelumnya ada agenda mendampingi Gubernur dan Wakil Gubernur dalam rangka pengisian sensus penduduk online tahun 2020. Dalam kesempatan tersebut, Komari menyampaikan beberapa hal salah satunya bahwa kerja saat ini by sistem. Selain itu Komari menyarankan jika progress monitoring website OPD di share setiap bulan sebelum akhir bulan. Komari juga mengingatkan ke peserta bahwa mulai bulan februari ini website OPD harus lebih aktif.

Ada yang unik sebelum acara dimulai yaitu para peserta bimtek wajib mengisi biodata online dengan link yang sudah di tampilkan di screen wall oleh panitia, sehingga ketika mengisi biodata tersebut dokumenya dapat di unduh dan sudah terintegrasi dengan email PNS yang berdomain .go.id.