BIMTEK  APLIKASI SIMPEL
BIMTEK  APLIKASI SIMPEL

BIMTEK APLIKASI SIMPEL

Jakarta - Dalam rangka peningkatan kualitas layanan administrasi perizinan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN), Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri menyelenggarakan bimbingan teknis mekanisme permohonan persetujuan izin PDLN dihadiri oleh 34 (tiga puluh empat) provinsi betempat di Hotel Jayakarta Jakarta  Jl. Hayam Wuruk No. 126, Jakarta Barat Rabu, 4/3/2020.

Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama (Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si) menyampaikan Kemajuan teknologi informasi dan digital yang demikian pesatnya, penggunaan IT pada saat ini merupakan sebuah kebutuhan mutlak, Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri sudah menerapkan layanan berbasis informasi dan teknologi (IT) dalam memproses pengajuan Rekomendasi Izin Perjalanan Dinas Luar Negeri di Lingkungan Kemendagri yang sudah terintegrasi dengan SIOLA dan direncanakan penandatanganan menggunakan digital signer. Sementara itu Kementerian Sekretariat Negara telah menerapkan penanganan administrasi perjalanan dinas luar negeri secara online melalui Sistem Informasi Perjalan Dinas Luar Negeri (SIMPEL).

Menurut Nelson, otomasi (system aplikasi dengan komputer) secara menyeluruh, selain sangat membantu dalam pekerjaan mengelola admin untuk menyelesaikan PDLN sampai menjadi pasport Dinas/Exit Permit otomasi juga meringankan, mempermudah dan efisiensi dalam penyelesaian pekerjaannya.

Untuk itu kami menghadirkan PIC yang telah ditunjuk berdasarkan surat tugas Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi sebagai penangung jawab dalam mengupload dokumen.

Nelson juga mengatakan, Bimtek ini sangat penting dan berguna dan nantinya diharapkan setiap peserta memahaminya karena merupakan transfer knowledge dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dalam penerbitan surat persetujuan pemerintah atas PDLN.

“Sanksi tegas telah diberlakukan terhadap setiap pelangarnya, oleh karena itu setiap PDLN diharuskan sesuai dengan ketentuan dan prosedur standar Opersional Prosedur (SOP) PDLN yang berlaku”

Demikian disampaikan Nelson saat membuka acara Bimtek mekanisme permohonan persetujuan izin PDLN di Hotel Jayakarta.

Adapun untuk dapat menginfut berkas kedalam aplikasi SIMPEL dan SIOLA dari Kemendagri, setiap peserta dari Provinsi diberikan 1 (satu) Akun untuk dapat mengakses aplikasi tersebut dan mengatur kebijakan terkait penggunaan akun mereka terkait system yang akan digunakan supaya lebih aman dan sistem berjalan dengan baik.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Bagian Layanan Administrasi dan Konsultasi Kemendagri (Ninuk Handoyo Riantini, SE, MA) dengan materi Prosedur dan Tata Cara Fasilitasi Layanan Administrasi & Layanan Konsultasi.

Dikatakan oleh Ninuk “Semua perizinan harus melalui aplikasi SIOLA dan data Bapak/Ibu ada didatanya Kemendagri dan terpampang diwebsite Kemendagri”.

Sebelumnya Ninuk juga menjelaskan “Semua layanan administrasi & konsultasi belum bisa masuk sebelum melewati layanan administrasi & konsultasi karena tanpa masuk ke SIOLA tidak bisa masuk ke SIMPEL”.

Sementara itu Kasubag PSI Biro KTLN Kementerian Sekretariat Negara (Imam Santono) menyampaikan materi Sistem Perjalanan Dinas Luar Negeri, dijelaskan telah menerapkan penanganan administrasi perjalanan dinas luar negeri secara online sejak tanggal 3 Januari 2017 melalui Sistem Informasi Perjalan Dinas Luar Negeri (SIMPEL).

Keberadaan SIMPEL diharapkan dapat semakin memudahkan para pengguna layanan PDLN dalam mengajukan permohonan perjalanan dinas luar negerinya dan tentunya semakin mengoptimalkan layanan penanganan administrasi perjalanan dinas luar negeri yang lebih cepat, tepat, transparan dan akuntabel ujar Imam*.

Diakhir Acara Nelson juga berpesan kepada seluruh peserta Sosialisasi dan Bimbingan Teknis, agar mampu melaksanakan tugasnya secara efektif, efisien dan profesional serta dapat mempraktekkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pelatihan ini dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

 

.