WAGUB MEMOTIVASI RIBUAN MAHASISWA BARU UNPAS BANDUNG

WAGUB MEMOTIVASI RIBUAN MAHASISWA BARU UNPAS BANDUNG

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri undangan Universitas Pasundan (Unpas) Bandung menjadi keynote speaker pada acara pengenalan kampus bagi para mahasiswa baru kampus tersebut, di gedung Fakultas Teknik Unpas, Jalan Setiabudi 139, Kota Bandung, Kamis (30/8/2018) pagi. Di hadapan ribuan mahasiswa baru di kampus tersebut, Wagub mengatakan, kemauan keras untuk belajar adalah salah satu kunci sukses dirinya hingga saat ini berhasil menjadi seorang wakil kepala daerah tingkat provinsi.

“Bayangkan di umur 24 tahun saya sudah menjadi seorang senator, menjadi anggota DPD (dewan perwakilan daerah),  mewakili daerah saya, Provinsi Banten. Kalau bukan karena kemauan belajar yang keras, apa yang bisa dilakukan seorang anak muda berusia 24 tahun di DPD?” papar Wagub.

Kata Wagub, dirinya terdorong untuk menggeluti dunia politik karena merasa terpanggil untuk dapat berkontribusi terhadap daerah tempat lahirnya. Diakuinya bahwa pada usia yang relatif masih sangat muda, dorongan untuk melakukan hal sebaliknya ketimbang terjun ke dunia politik sangat besar. “Pada usia seperti itu, tentu saya juga masih sangat suka nongkrong, suka main musik dan lainnya, tapi saya berpikir saat itu juga lah waktunya saya untuk memulai karir di dunia politik,” ujarnya.

Maka, ketika kesempatan menjadi anggota senator itu terwujud, kata Wagub, dirinya tidak menyia-nyiakannya dengan berusaha untuk belajar dan menimba ilmu dari para seniornya di DPD.  Andika melanjutkan, kemauannya untuk terus belajar akhirnya juga berhasil menghantarkan dirinya menjadi anggota DPR (dewan perwakilan rakyat) RI pada tahun 2014. “Dan terakhir saya bisa semakin dekat dengan cita-cita saya untuk berkontribusi kepada tanah kelahiran saya, Alhamdulillah saya kemudian menjadi wakil gubernur,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub berulang kali menekankan pesannya kepada para mahasiswa baru Unpas Bandung untuk selalu memiliki skala prioritas dalam menjalani masa-masa sebagai mahasiswa. “Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah kita anak muda harus selalu memiliki sikap sopan santun kepada yang lebih tua, kepada para guru kita, dosen, dan orang tua,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor Unpas Bandung Prof Dr Eddy Yusuf dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sengaja memilih Wagub Banten untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa baru Unpas tahun ini. Selain karena Wagub adalah alumni yang berprestasi, juga dinilai yang paling mewakili generasi milenial, sesuai dengan audiens yang akan diberikan motivasi, yakni para mahasiswa baru di kampus tersebut.

“Sebetulnya masih banyak alumni unpas yang berkiprah, bukan hanya di tingkat daerah, tapi juga nasional. Yang terbaru Pak Agus Gumiwang yang baru saja dilantik menjadi Menteri Sosial itu adalah juga alumni Unpas,” katanya.

Eddy berharap, para mahasiswa baru Unpas dapat meneladani sikap dan pemikiran Andika sebagai alumni yang berhasil berkiprah selepas menjaani masa perkuliahan di kampus tersebut.