Tahun 2017, Pemprov Banten Temukan 22 Pulau Baru

Tahun 2017, Pemprov Banten Temukan 22 Pulau Baru

Sebanyak 22 pulau baru berhasil ditemukan di dua kabupaten di provinsi Banten yakni kabupaten Pandeglang dan Serang. Puluhan pulau itu ditemukan melalui pemantauan Satelit Citra Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Kepala Biro Pemerintahan provinsi Banten, Gunawan Rusminto mengungkapkan dari hasil pemantauan Satelit Citra tahun 2017 sedikitnya ditemukan 22 pulau baru di perairan laut Banten. Dari jumlah itu sebanyak 20 berada di periran laut Kecamatan Sumur Kabupaten Pandgelang. Sementara untuk temuan dua pulau baru berada di perairan Desa Tengkurak, kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. 

"Kami telah melakukan pemantauan terhadap perairan laut di Banten dai hasilnya ditemukan 22 pulau baru itu. Dalam pemantauan itu ada seidkitnya 8 orang dari Biro Pemeirntahan, TNUK untuk di Pandgelang dan ada juga petugas dari pemda setempat. Sedangkan berdasarkan verifikasi dan pendataan langsung hanya tersisa 20 pulau yang masih terpantau. Karena tercatat 2 pulau di kabupaten Pandgelang tidak lagi terlihat ketika air pasang tiba,"kata Gunawan kepada rri.co.id, Selasa (16/1/2018).

Gunawan menjelaskan, dari 20 pulau temuan baru itu, untuk 2 pulau di kabupaten Serang sudah diberikan nama oleh pemeritnah setempat dengan sebutan pulau Tinil dan Lingsang. Adapun 18 pulau baru di kabupaten Pandgelang masih menunggu dari pemda setempat untuk diberikan namanya. Apalagi biasanya penamaan pulau akan disesuaikan dengan karakterisitik dan fenomena daerah setempat.

"Kami masih menunggu dari Pemkab Pandeglang untuk penamaan dari 18 pulau baru itu. Tapi memang sampai saaat ini belum ada pemberitahuan dari Pemkab Pandeglang soal itu,"ujar Gunawan. 

Sedangkan berdasarkan data kesluruhan Guinawan menyebutkan, tercatat sudah ada 86 pulau di provinsi Banten. Karena dari data sebelumnya sudah terdapat sebanyak 64 pulau yang tersebar di kabupaten dan kota di Banten.

"Dari jumlah itu terdapat beberapa pulau yang sudah berpenghuni seperti diantaranya pulau "Sanghyang dan pulau Tunda di Kabupaten Serang serta pulau Merak di Kota Cilegon. Smenetara sebagian besar pulau itu tidak berpenghuni, karena mayoritas tumpukan karang. Tapi itu disebut pulau, ketika pas air pasang tidak tenggelam," jelas Gunawan.