TUGAS FUNGSI PEMPROV BANTEN HINGGA POTENSI DAERAHNYA

TUGAS FUNGSI PEMPROV BANTEN HINGGA POTENSI DAERAHNYA

TUGAS FUNGSI PEMPROV BANTEN HINGGA POTENSI DAERAHNYA KlikDisini

BBC, Serang – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah provinsi Banten berupaya menyelenggarakan tugas umum pemerintahan secara optimal. Tugas tersebut terfokus pada kebutuhan masyarakat akan sebuah pemerintahan yang mampu menegakkan hukum dan menciptakan ketertiban serta mensejahterakan masyarakat.
“Karena berdasarkan pelaporan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan yang dijabarkan dalam peraturan pemerintah nomor 3 tahun 2007 meliputi, kerjsama
antar daerah, kerjsama daerah dengan pihak ketiga, koordinasi dengan pihak vertikal di daerah, pembinaan batas wilayah, pencegahan dan penagggulangan bencana, pengelolaan kawasan khusus yang menjadi kewenangan daerah, penyelenggaraan ketentraman dan keteriban umum, serta tugas-tugas umum lainnya yang dilaksanakan oleh daerah,”kata kepala Biro pemerintahan Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina, Senin 24/8/2015.
Adapun dalam prakteknya, Kata Nina, penyelenggaraan tugas umum pemerintahan provinsi Banten telah melaksanakan kegiatan seperti kerjsama antar daerah, kerjsama daerah dengan pihak ketiga, kordinasi dengan pihak vertical di daerah, pembinaan batas wilayah.
“Selain itu pencegahan dan penagggulangan bencana, pengelolaan kawasan khusus yang menjadi kewenangan daerah, penyelenggaraan ketentraman dan keteriban umum,”lanjutnya.
Sedangkan berkaitan dengan sejumlah penghargaan dan prestasi tambah mantan Karo Humas ini, apresiasi yang berhasil diraih pemprov Banten pada tahun 2014 diantaranya, penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara oleh kementrian PPN, Penghargaan Anugerah K3 oleh Kemenrtrian Tenaga Kerja. “Ada juga Penghargaan SIDA oleh Menristek dan penghargaan terbaik ke-4 implementasi undang-undang nomor 14 tahun 2008,”sambungnya.
Nina menuturkan, berdasarkan peraturan daerah provinsi Banten nomor 2 tahun 2011 tentang rencana tata ruang provinsi Banten tahun 2010-2030 disebutkan, masing-masing wilayah di Banten memiliki potensi yang beragam seperti, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi pariwisata, industry manufaktur, perikanan, jasa, pertambangan, agribisnis, agriwisata, perkebunan, kehutanan, peternakan, industry pengolahan, industry kerajinan dan pertambangan mineral. Kabupaten Lebak pariwisata, perikanan tangkap, jasa, pertambangan, agribisnis, agriwisata, perkebunan, kehutanan, peternakan, bisnis kelautan, industry pengolahan, industry kerajinan dan pertambangan mineral,”tuturnya.
Sedangkan Kabupaten Tanggerang pariwisata, industry manufaktur, perikanan, perdagangan, jasa, perkebunan, bisnis kelautan, perikanan tangkap, industry pengolahan. Kabupaten Serang pariwisata, industry manufaktur, perikanan tangkap, jasa, perkebunan, kehutanan, peternakan, industry pengolahan, industry kerajinan dan pertambangan mineral. Kota Tanggerang pariwisata, industry manufaktur, perdagangan, peternakan, perikanan, jasa, industry pengolahan dan industry kerajinan.
“Sementara Kota Cilegon mengandalkan pariwisata, industry manufaktur, perikanan, jasa, pertambangan, agribisnis, agriwisata, perkebunan, kehutanan, peternakan, industry pengolahan, industry kerajinan dan pertambangan mineral. Kota Serang memiliki potensi dibidang pariwisata, perikanan, perikanan tangkap, perdagangan, jasa, peternakan dan industri kerajinan. Kedangkan Kota Tanggerang selatan yakni industri manufaktur, perikanan, perdagangan, jada, agro wisata, peternakan dan industri pengolahan,”tutupnya. (1-1)
#DIKUTIP DARI bukabantennews.com