Sembilan gubernur dilantik sebagai pengurus APPSI

Sembilan gubernur dilantik sebagai pengurus APPSI

Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tjahjo Kumolo hari ini Senin (2/7) resmi melantik sembilan dewan pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Ruang Flores A Lt. 1 Hotel Borobudur Jakarta Pusat.

"Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, hari ini 2 Juli 2018 saya Mendagri selaku pembina dengan resmi mengukuhkan Dewan Pengurus APPSI periode 2015-2019," kata Tjahjo dalam pidato pengukuhannya.

Adapun yang dilantik sebagai Ketua Umum APPSI adalah Soekarwo, yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur. Untuk Wakil Ketua Umum yang dilantik adalah Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola.

Sebelumnya Ketua Umum APPSI dipegang oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo namun telah di menyerahkan jabatannya kepada Soekarwo pada April lalu karena masa jabatan Syahrul habis.

Untuk jabatan Ketua I Bidang Hukum dipegang oleh Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memegang jabatan sebagai Ketua II Bidang Ekonomi.

Adapun selanjutnya lima anggota / koordinator APPSI antara lain Wahidin Halim, M.Si Wilayah Jawa (Gubernur Banten), DR. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.S Wilayah Sumatera (Gubernur Kepulauan Riau), H. Sugianto Sabran Wilayah Kalimantan (Gubernur Kalimantan Tengah), Drs. H. Rusli Habibie, M.AP Wilayah Sulawesi (Gubernur Gorontalo) dan Drs. Dominggus Mandacan Willyah Indonesia Timur (Gubernur Papua Barat).