Revisi RPJMD Banten Dilaksanakan Tahun Depan

Revisi RPJMD Banten Dilaksanakan Tahun Depan

Sejak Kamis pekan lalu, Bappeda Banten sudah membentuk tiga tim kerja bidang-bidang dan memanggil sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), rencananya pada Maret mendatang, tim akan menuntaskan revisi tersebut, kemudian aka dilanjutkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang).
  
Kepala Bappeda Banten, Muhtarom, membenarkan pihaknya sedang melakukan pembahasan revisi RPJMD secara insentif  dengan OPD. 
    
"Revisi RPJMD sudah kita bahas, kita minta masukan dari OPD-OPD terkait. Saat ini ada program yang direvisi diantaranya, pembentukan BUMD, standar pelayanan minimal (SPM) tentang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan trantinb (ketentraman dan ketertiban)," ungkap Muhtarom, Minggu (20/1).
  
Muhtarom menjelaskan, pada saat pembuatan RPJMD hal-hal yang menjadi perbaikan tersebut tidak melanggar peraturan perundang-undangan berlaku.
    
"Ada peraturan yang baru dikeluarkan tahun 2018. Makanya kami lakukan penyesuaian, dan tahun 2019 ini adalah tahun terakhir revisi itu harus dilakukan. Contohnya pada saat pembahasan BUMD aturan terbaru belum ada, termasuk SPM. Disamping itu ada kaitanya dengan kinerja," ujarnya. [dhn
  
Disinggung apakah revis RPJMD akan mempengaruhi susunan struktur organisasi tata kerja (SOTK) Pemprov Banten, Muhtarom mengaku belum mempelajari secara mendalam.
    
"RPJMD itu lebih ke target program. Tapi nanti kita lihat apakah juga akan berdampak ke SOTK," imbuhnya.
  
Setelah revisi tuntas lanjut dia, kemudian pihaknya pada bulan April mendatang, akan menyelenggarakan Musrembang  rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2020.
    
"Revisi RPJMD ini tidak bisa kita laksanakan di tahun ini, termasuk di anggaran Perubahan 2019. Jadi ditahun depan,  dan RKPD 2020 sekarang juga sudah berproses," terang di