Rakor di Cilegon, Gubernur Banten : Genjot Infrastruktur Demi Buka Isolasi Daerah Tertinggal

Rakor di Cilegon, Gubernur Banten : Genjot Infrastruktur Demi Buka Isolasi Daerah Tertinggal

Hal itu terungkap pada Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Penyelengaraan Pemerintah Daerah Kota Cilegon. 

“Akselarasi pembangunan lintas selatan-utara untuk membuka ruang-ruang  yang terisolasi agar dapat meningkatkan pertumbuhan investasi,” kata Gubernur Banten, Wahidin Halim. 

Gubernur pun mengarahkan para Kepala Dinas di Provinsi Banten untuk menginisiasi dan menjadi motor penggerak kewenangan antar lintas daerah.  

“Bila perlu provinsi mengambil alih kewenangannya agar konektivitas, koordinasi, komunikasi berjalan sesuai aturan atau kesepakatan yang diinginkan,” ujar WH.

Gubernur juga menjelaskan, sesuai yang diamanatkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. 

Maka Gubernur bisa melaksanakan koordinasi dengan instansi secara vertikal di daerah seperti dengan Kejaksaan, Kodam, Polda serta Lembaga-lembaga lainnya dan Pemerintah Kab/Kota.

"Rapat koordinasi ini dalam rangka menyelaraskan dan mensinkronisasikan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik agar dapat mewujudkan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan bagi masyarakat," tegas WH.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Plt. Walikota Cilegon, Drs. H, Edi Aryadi, Sekda Pemerintah Kota Cilegon, Ir. Sari Suryati, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dan Kota  Cilegon dan serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Cilegon.