Pemprov Banten Raih Predikat Baik dari Mendagri

Pemprov Banten Raih Predikat Baik dari Mendagri

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menerima penghargaan dengan predikat baik dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri). Penghargaan diberikan karena Banten dinilai sebagai provinsi yang mampu menyelesaikan tindak lanjut hasil pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda) oleh Inspektorat Jendral Kemendagri Tahun 2017 dan tahun sebelumnya.

Penghargaan tersebut diterima Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo pada acara Pembukaan Rapat Pemutakhiran data tindak lanjut hasil pemeriksaan (TLHP) tingkat Nasional Tahun 2018 di Hotel Grage, Kota Bengkulu, Selasa, (09/10/2018).

Pada kesempatan tersebut, Tjahjo Kumolo menghimbau agar  Pemda termasuk Pemporv Banten tetap fokus pada percepatan pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Karena opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak menjamin kinerja Pemda sudah pasti baik. “Yang paling utama yakni dapat mempercepat pembangunan, kemiskinan berkurang dan perekonomian tinggi di atas nasional,” ujar Mendagri.

Sementara, terkait perubahan mekanisme pertanggungjawaban aparat pengawas internal pemerintahan (APIP) atau inspektorat daerah, ia mengatakan bahwa hal ini tinggal menunggu waktu. Ia menjelaskan, secara struktur, inspektorat daerah tetap menjadi perangkat daerah yang merupakan bagian dari pemda. Namun, APIP tidak lagi bertanggung jawab kepada kepala daerah sebagaimana sebelumnya, melainkan langsung ke Mendagri. “Karena bila seperti saat ini, tidak mungkin inspektur memeriksa Sekda yang jabatannya lebih tinggi,” tutur Tjahjo