Kualitas Pengelolaan Anggaran Pemda Semakin Meningkat

Kualitas Pengelolaan Anggaran Pemda Semakin Meningkat

Kualitas pengelolaan anggaran pemerintah daerah (pemda) meningkat. Selain penyerapan anggaran yang kian membaik, sekarang ini banyak daearah berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, dari tahun ke tahun pengelolaan anggaran keuangan di daerah terus mengalami peningkatan. Bila dilihat dari tolak ukur WTP, sekarang sudah semakin banyak pemda memperoleh opini tersebut.

“Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), perkuat daerah agar efektif dan efisien mempercepat reformasi birokrasi,” kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (18/7).

Meski semakin membaik dalam hal penyerapan anggaran, namun menurut Tjahjo masih banyak daerah yang tak fokus menjalankan program pemerintahannya. Tercatat, ada sekitar 200an pemda yang masih dianggap tak optimal dalam mengurus masalah ini.

Pemda, kata dia harus mampu menjalankan program strategis nasional yang diamanatkan pemerintah pusat. Bukan hanya itu, masing-masing kepala daerah juga memiliki janji kampanye yang perlu diwujudkan dalam perencanaan program daerah.

“Maka dari itu, libatkan banyak pihak seperti perguruan tinggi, tokoh agama, masyarakat dan agama dalam setiap pengambilan kebijakan politik daerah. Bersinergi juga dengan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda),” tambah dia.