Kemendagri Tetapkan 23 Daerah Berkinerja Baik

Kemendagri Tetapkan 23 Daerah Berkinerja Baik

SIDOARJO – Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) Tahun 2016, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menetapkan 23 daerah berkinerja terbaik. Keseluruh daerah itu terbagi dalam 3 pemerintah provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota.

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Sumarsono mengatakan hari ke-23 daerah berkinerja terbaik itu, salah satunya adalah Kabupaten Sidoarjo yang juga dipilih sebagai tempat penyelenggaraan peringatan Hari Otda ke XXI secara nasional pada Selasa (25/4).

“Untuk mengapresiasi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, dalam HUT Otda ini, Bapak Presiden RI menganugerahkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha dan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha,” kata Sumarsono, kemarin.

Evaluasi kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri, jelas Sumarsono, didapat dari hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) setiap tahunnya.

Tahun 2016, sebanyak 524 daerah dari 542 daerah otonom telah menyampaikan LPPD Tahun 2015. Sementara, 18 daerah lainnya yang terdiri dari 1 provinsi dan 17 kabupaten belum wajib menyampaikan LPPD karena masih merupakan daerah otonom baru.

Selain itu, sampai saat ini, evaluasi kinerja Pemda sudah dilakukan sebanyak 8 kali. “Dan sudah 6 kali diumumkan kepada masyarakat melalui media,” ujarnya.