Kemendagri Minta Semua Pihak Dukung Pelaksanaan Pemilu yang Demokratis

Kemendagri Minta Semua Pihak Dukung Pelaksanaan Pemilu yang Demokratis

Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Didi Sudiana meminta dukungan dari seluruh stakeholder dalam pelaksanaan Pemilu agar dapat menjamin hak politik masyarakat. Aspirasi politik masyarakat dalam Pemilu harus tersalurkan secara alamiah yakni tanpa tekanan, intimidasi, ancaman lainnya. Oleh karena itu perlu iklim yang kondusif untuk mendukung penggunaan hak politik masyarakat dalam Pemilu.

"Pemilu Serentak 2019 ini merupakan pesta demokrasi nasional terbesar. Namun demikian Pemilu bukanlah tujuan melainkan proses politik yang perlu senantiasa dilakukan perbaikan sesuai dengan semangat konstitusi," ujarnya.

Didi menjelaskan, makna Pemilu dalam suatu negara demokrasi dapat diukur dari berbagai aspek, yaitu aspek politis. Aspek keberhasilan Pemilu merupakan tolok ukur keberhasilan pemerintah, pemerintah daerah, penyelenggara Pemilu dalam membangun kehidupan demokrasi di daerah dan nasional. Yang kedua aspek hukum, Pemilu merupakan landasan yuridis bagi terpilihnya wakil rakyat dan pemimpin dalam hal ini Presiden dan Wakil Presiden yang dipilih langsung oleh masyarakat secara legitimate.

Ketiga aspek sosial budaya, di mana Pemilu harus dijadikan sebagai ajang pendidikan politik dan diupayakan mampu menciptakan budaya masyarakat yang santun, tertib, dan bermartabat dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilu. "Dan yang keempat Aspek Hankam yakni terciptanya situasi dan kondisi yang aman, tenteram, dan tertib, dalam penyelenggaraan pemilu," imbuh Didi.