Kawasan Banten Lama Akan Dibangun Mirip Kota Madinah

Kawasan Banten Lama Akan Dibangun Mirip Kota Madinah

Gubernur BantenWahidin Halim memerintahkan jajarannya untuk segera membuka untuk umum Banten Lama.

Hal itu Wahidin sampaikan saat memimpin rapat bersama seluruh kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten membahas Revitalisasi Kawasan Banten Lama di halaman mesjid Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur memerintahkan jajarannya, untuk segera membuka kawasan Banten Lama yang telah selesai di revitalisasi.

Sekalipun masih ada beberapa bagian yang tengah dirapikan ataupun sedang dalam tahap penyelesaian dapat dilakukan secara bersamaan setelah pembukaam banten lama.

"Segeralah dibuka, jangan lagi di pasang pembatas. Masyarakat itu sudah antusias, pengen selfie, foto-foto. Mereka penasaran pengen liat perbedaan Banten Lama ini. Kan, kita sudah sebar berita seantero negeri, bahkan sampe luar negeri," ujar Wahidin dalam keterangan resminya, Jumat (1/2/2019).

Wahidin menilai revitalisasi kawasan Banten Lama membuka kembali gairah wisata religi yang ada di Provinsi Banten.

"Banyak orang dari mana-mana sudah sangat penasaran dengan Banten Lama. Bahkan ada yang dari Riau, ke sini cuma mau liat wajah baru Kawasan Banten Lama. Banyak masyarakat berbondong-bondong datang untuk lihat. Tapi mereka kecewa karena belum di buka, yaudah segera di buka," perintah Gubernur.

Ia juga menyampaikan bahwa daerah sekitar kawasan Banten Lama akan di tata rapih layaknya kota Madinah di Arab Saudi.

Wahidin juga mengarahkan supaya area ziarah untuk dilebarkan aksesnya, guna mempermudah aktifitas ziarah yang di lakukan oleh masyarakat.

"Nanti bisa kita pasang speaker di sudut-sudut, kita mainkan lagu sholawat supaya suasana serta nuansa keagamaan lebih terasa" tutur Mantan Wali Kota Tangerang itu.

Dikesempatan yang sama, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan setelah selesai semua revitalisasi, pemeliharaan adalah fokus Banten Lama.