Istri ASN Berperan Cegah Korupsi

Istri ASN Berperan Cegah Korupsi

Seorang istri mempunyai peran penting pada karir suaminya terutama yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN). Peran istri dinilai dapat memengaruhi kinerja dan mencegah suami yang berprofesi sebagai ASN terlibat korupsi.

Hal itu terungkap pada acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-19 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Serang di aula Tb Suwandi Pemkab Serang, Rabu (19/12). Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri. Acara menghadirkan pembicara kondang Aisah Dahlan yang juga Ketua Asosiasi Rehablilitasi Sesial Narkoba Indonesia (AIRI). Hadir Kepala Bagian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Setda Kabupaten Serang Anas Dwi Satya.

Ketua DWP Kabupaten Serang Siti Nurlinawati menilai, peran istri ASN dapat memengaruhi kinerja suaminya, selain memberikan kontribusi pada pembangunan daerah. Menurutnya, peran istri sangat menunjang sekali pada karir suami, memberikan semangat, serta memberikan pelayanan yang baik terhadap suami. Ia pun mengingatkan agar istri ASN terus mengingatkan suaminya agar tidak terjerat kasus korupsi selama bekerja. Mengingat, kasus korupsi sudah banyak menyeret para pejabat di tingkat nasional dan daerah. “Kita sebagai istri ASN harus mengingatkan kepada suami kita masing-masing supaya selamat dan tidak terlibat jeratan hukum,” pesannya.

Sementara itu, Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri berharap, anggota DWP yang notabene sebagai istri ASN dapat menciptakan rumah tangga yang harmonis. Hal itu untuk meminimalkan terjadinya perceraian pegawai ASN. “Setiap ada anggotanya yang mempunyai hubungan kurang baik, Dharma Wanita ini melakukan konseling,” katanya.

Dijelaskan Entus, DWP tidak sekadar mempunyai peran membina rumah tangganya, tetapi juga ikut membantu membangun masyarakat. Menurutnya, wanita pendamping suami yang berprofesi sebagai ASN mempunyai tanggung jawab keluarga dan sosial di masyarakat. “Karena itu, harus dilakukan peningkatan kapasitas untuk istri ASN ini,” tandasnya.