HUT RI ke-72, Kemendagri Akan Berikan Penghargaan Bagi PNS Teladan

HUT RI ke-72, Kemendagri Akan Berikan Penghargaan Bagi PNS Teladan

Sebagai bentuk kepedulian terhadap para pegawainya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberikan penghargaan kepada PNS terbaik golongan 1 dan 2 di lingkup kerja Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Ketua Panitia Peringatan HUT RI ke-72 Kemendagri, Didik Supriyanto mengatakan penghargaan ini akan diberikan saat rangkaian acara perlombaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.  Dalam perlombaan pengembangan SDM yang dinilai adalah keteladanan karyawan.

“Ini untuk Golongan I dan II saja, ini untuk memberikan motivasi dan semangat kepada PNS Kemendagri dan BNPP,” kata Didik yang juga Staf Ahli Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa, saat diwawancara di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat kemarin.

Syarat untuk kriteria karyawan yang mendapat mengikuti lomba adalah PNS Kemendagri dan BNPP, Pejabat pelaksana (JFU). Setiap unsur penilaian dalam sasaran kinerja pegawai (SKP) paling sedikit bernilai baik dalam 2 tahun terakhir.

Didik melanjutkan memiliki masa kerja 2 tahun sebagai PNS Kemendagri dan BNPP secara terus menerus tanpa putus. Peserta juga menyerahkan daftar riwayat hidup/pekerjaan yang diketahui oleh atasannya minimal Eselon II, fotocopy SK dalam jabatan terkahir, surat pernyataan tidak pernah dijatuhi sanksi/hukuman disiplin tingkat berat, sedang, dan ringan yang ditandatangani oleh atasannya minimal Eselon II. "Ini tidak dipungut biaya," ujarnya.

Didik menjelaskan mengenai kriteria penilaian yaitu disiplin yang meliputi selalu hadir dalam upacara bendera. Selalu menggunakan pakaian dinas dan atribut lengkap, tidak pernah tidak masuk kantor. Tidak pernah terlambat masuk kerja.

Kemudian, tidak pernah pulang sebelum waktunya ini dalam kurun waktu 6 bulan terkahir berturut-turut dan juga tidak pernah dikenakan hukuman disiplin selama masa kerja dan tidak sedang dalam pemeriksaan atau proses hukum disiplin.

"Kriteria kinerja meliputi, sasaran kinerja pegawai 2 tahun terakhir dengan nilai rata-rata 80 ke atas. Nilai produktivitas kinerjanya 100 persen, disela 6 bulan terkahir secara berturut-turut," ujar Didik.

Penilaian pemilihan pejabat pelaksana dilakukan oleh Ketua Bidang Pengembangan SDM yang tergabung panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72. Tim penilai panitia dan kepala bagian kepegawaian masing-masing satuan kerja di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

"Keputusan penilaian bersifat final tidak dapat diganggu gugat. Untuk pemenang terdiri dari Juara I, II dan III dengan hadiah berupa piagam penghargaan yang ditandatangani Mendagri dan Penghargaan lain yang disedikan oleh panitia," tandasnya.

Diketahui Kemendagri akan mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT  Kemerdekaan RI ke-72. Berbagai jenis acara mulai dari pemasangan bendera merah putih terbesar sampai dengan perlombaan untuk karyawan Kemendagri baik di pusat maupun di daerah.