GUBERNUR BANTEN : Potensi Pajak Di Banten Belum Terkelola Dengan Baik

GUBERNUR BANTEN : Potensi Pajak Di Banten Belum Terkelola Dengan Baik

Demikian disampaikan Gubernur Banten, Wahidin Halim pada launching  peresmian Gerai Samsat di area Food Carnival Tangcity Mall Kota Tangerang, Kamis (24/1).

"Patut disesalkan, potensi pajak kita sangat besar, hanya saja belum tergali betul-betul menjadi sumber pendapatan. Misalnya di Serang, mereka pabriknya di Serang tapi bayar pajaknya di Jakarta. Kedepan kalau punya mobil disini ya bayar pajaknya disini (Banten),” kata Wahidin yang biasa disapa WH..

Walaupun begitu, WH juga mengaku bangga dengan capaian target yang dieproleh selama kurun waktu tahun 2018 lalau.

"Alhamdullah tahun kemarin PAD Banten melampaui target, dengan adanya gerai di mall masyarakat bisa lebih mudah dan lebih nyaman untuk membayar pajak kendaraannya,” katanya.

Sementara itu keberdaan Gerai Samsat Tangcity diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk taat membayar pajak hingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pajak kendaraan.

"Semoga dengan dibukanya Gerai Samsat ini diharapkan bisa meningkatkan PAD untuk Pembangunan Banten,” harapnya. 

Sementara, Kepala Bapenda Provinsi Banten Opar Sochari menjelakskan, Gerai Samsat Tangcity Mall akan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor atau mengurus pengesahan STNK mulai Senin sampai Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB. 
Kata dia, ada lima personel yang bertugas yakni petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja, dan Bank Banten dengan sistem administrasi yang terintegrasi secara online.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Direktur Tangcity Mall, dan InsyaAllah bahwa gerai ini akan selalu siap melayani masyarakat Kota Tangerang. Sambil belanja, sambil bermain juga bisa sekalian membayar pajak. Ini yang kita harapkan,” kata Opar seraya mengatakan akan mencari inovasi-inovasi lainnya untuk terus meningkatkan PAD Banten.

Sementara, direktur Tangcity Mall Eka Saputra menambahkan, bagi pemilik kendaraan plat B yang berdomisili di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel) cukup membawa berkas persyaratan untuk mengurus pembayaran pajaknya seperti KTP, STNK asli, SKPD asli, serta BPKB atau keterangan leasing. 

Kata dia, jika sesuai prosedur, urusan pembayaran pajak bisa rampung dalam 5 menit.

"Tangcity sangat berterima kasih kepada pihak terkait yang telah berkontribusi dalam pembangunan Gerai Samsat ini. Sebab warga Tangerang menjadi lebih mudah untuk menunaikan kewajiban mereka,” kata Eka.

Acara peresmian gerai sendiri dihadiri Kepala Badan  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, serta Direktur Tangcity Mall Norman Eka Saputra