Drainase Buruk, Jalan di Kota Serang Tergenang Lagi

Drainase Buruk, Jalan di Kota Serang Tergenang Lagi

Hujan sejak semalam hingga Jumat (25/1) pagi ini menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang. Antara lain, Jalan Raya Petir atau Kampung Lebak Tirta Cipocokjaya, Jalan Letnan Jidun Kepandean, terowongan Trondol, depan pintu masuk Mal of Serang, Kemang.

Genangan air juga terjadi di jalan depan Hotel Le Dian, Jalan Trip Jamaksari, Jalan Ayip Usman Kebaharan dan Unyur. Ketinggian air bervariatif. Ada yang yang hanya semata kaki orang dewasa hingga mencapai 50 centimeter.

Sam Hanafi (42,) warga Lebak Tirta, Cipocokjaya, menyebut jalan raya Petir sudah terbiasa banjir setiap hujan. “Memang selalu begini,” katanya, Jumat (25/1).

Menurutnya, hal itu akibat drainase yang buruk. Dua tahun lalu dibangun, proses pembangunannya tidak merata. “Harusnya kan tingginya sama, tapi yang di sini lebih rendah dari yang di sana,” katanya.

Sam Hanafi berharap Pemkot Serang segera turun tangan untuk membereskan drainase yang buruk. “Itu kan drainasenya kesumbat, harusnya dibongkar dan dibersihkan biar beres,” cetusnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya sudah melakukan identifikasi titik-titik gengangan air. Dari pemetaan yang dilakukannya, ada sebanyak 20 titik lokasi yang kerap banjir.

“Salah satunya terowongan Trondol. Insya Allah akan segera ditangani,” katanya.