DKI dan Banten Sepakati Kerja Sama Saling Dukung Pembangunan

DKI dan Banten Sepakati Kerja Sama Saling Dukung Pembangunan

Pemprov DKI Jakarta dan Banten menandatangani perjanjian kerja sama untuk saling mendukung pembangunan terutama untuk sarana dan prasarana di bidang transportasi, sumber daya air, lingkungan hidup, energi, pariwisata dan ketahanan pangan di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, ruang lingkup yang dikerjasa makan cukup luas, diantaranya menyangkut masalah transportasi, sumber daya air, ketahanan pangan, pengembangan agrobisnis, pengembangan pasar.

“Karena selama ini DKI sudah kerja sama dengan Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Termasuk pengembangan Kepulauan Seribu, karena lebih dekat ke Kabupaten Tangerang di Dermaga Cituis,” ujar Djarot usai penandatanganan di Balai Kota, Rabu (23/8).

Tidak hanya itu, pemanfaatan waduk dan strategi untuk memotong distribusi bahan-bahan kebutuhan pokok pun akan dikerjasamakan. Ia mencontohkan saat ini, Banten merupakan penghasil beras, tetapi produksi berasnya masuk ke Karawang dulu, baru kemudian ke Jakarta.

“Maksud kami potong jalur distribusinya langsung ke Banten. Dengan begitu maka kita bisa menekan cost. Daging, ikan juga seperti itu sehingga produsennya Banten, kami distributornya,” katanya.

Adapun pembiayaan atas kerja sama tersebut akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI Jakarta, APBD Provinsi Banten, dan APBD Kabupaten Tangerang. Tidak hanya itu, adapula pembiayaan dari pemerintah pusat untuk beberapa rencana pembangunan seperti untuk transportasi massal berbasis rel, air bersih serta lahan di Ciangir yang akan dikerjasa makan dengan Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya minta izin ke Pak Gubernur Banten, dalam waktu dekat kami akan bantu Kabupaten Tangerang, baik untuk membangun biopori, situ-situ, kemudian dermaga. Karena selama ini Kabupaten Tangerang belum pernah pembangunan, selama ini hanya bantuan alat berat, kalau fisik belum,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya berharap kerja sama tersebut tidak hanya terbatas antara Jakarta dengan Kabupaten Tangerang saja, tapi juga dengan wilayah lainnya yang ada di Provinsi Banten.

“Saya berharap Pak Djarot bisa memperluas karena kami juga punya potensi yang luar biasa yang diinginkan. Beras, sayuran-sayuran, tranpsortasi kereta api. Itu saya kira dari konsep perluasan pemerintahan Jakarta bisa dipenuhi,” katanya.