DINILAI LAKUKAN PERUBAHAN, WAHIDIN HALIM DAPAT RAPOR BIRU

DINILAI LAKUKAN PERUBAHAN, WAHIDIN HALIM DAPAT RAPOR BIRU

“Waktu enam bulan itu masih dini untuk diberi penilain. Tapi jika dipaksa, melihat kinerjanya WH bisa diberi rapor biru,” kata Ketua Sekber Banten Syukri Rahmatullah dalam diskusi: Catatan Akhir Tahun: Kinerja Wahidin Halim, di BSD, Tangerang Selatan,

Dia mengatakan, secara aturan gubernur baru tidak diperbolehkan merotasi kepala dinas selama enam bulan. Nah, saat ini WH tercatat sudah menjabat selama 7 bulan 18 hari. Artinya, dia baru satu bulan 18 hari bisa bergerak leluasa.

Meski demikian kata dia, telah banyak hal yang dilakukan. Misalnya, memperketat anggaran biaya tenda apel, memperketat pengawasan, menghapus APBD yang tidak perlu, serta blusukan memantau kinerja birokrasi dan kondisi masyarakat.

Selama kepemimpinanya, kata dia, WH mulai menggunakan waktu untuk mengkonsolidasikan birokrasi-birokrasi di bawahnya. Hal tersebut dilakukan, untuk memastikan jajaran di bawahnya berlaku profesional, akuntabel, dan transparan.

Dia menambahkan, tidak mudah menata ulang birokrasi di Banten. Sebab, faktor utama korupsi di Banten adalah soal birokrasi yang carut-marut. Bahkan, mulai level office boy, satpam, sampai tingkat elit. “Ini menjadi penyebab korupsi di Banten yang cukup lama,” ujarnya.