Bank Banten Jalin Kerja Sama dengan Garuda Indonesia

Bank Banten Jalin Kerja Sama dengan Garuda Indonesia

PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. (Bank Banten) terus melebarkan sayap bisnis melalui segmen kredit konsumer. Kali ini Bank Banten bekerja sama dengan Koperasi Awak Pesawat Garuda Indonesia atau KOAPGI guna melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pemberian fasilitas kredit dengan pola channeling bagi awak pesawat Garuda Indonesia yang telah menjadi anggota KOAPGI.

Acara penandatanganan yang dilakukan oleh Plt. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Ketua Pengurus KOAPGI Rimond Barkah Sukandi dilangsungkan di Jakarta, Selasa (18/7).

“Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani antara Bank Banten dengan KOAPGI adalah pemberian fasilitas kredit pegawai untuk awak pesawat Garuda Indonesia dengan pola channeling. Kami harap kerja sama ini dapat berlangsung baik, mengingat KOAPGI merupakan organisasi yang potensial dan memiliki lebih dari 5.000 anggota. Pada kerja sama ini kami sediakan plafon kredit maksimal Rp 100 miliar,” jelas Fahmi dalam keterangan resmi yang diterima Radar Banten Online, Rabu (19/7).

Keberadaan KOAPGI yang berbasis di Tangerang turut menjadi pertimbangan perihal prioritas yang diberikan untuk menjalin kerja sama. “Sesuai dengan misi Bank Banten yakni mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Banten, maka kami hadir di wilayah Banten melalui kerja sama KOAPGI yang berada di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sehingga menjadi pertimbangan tersendiri bagi kami untuk menyalurkan fasilitas kredit bagi KOAPGI,” ungkap Fahmi.

Kerja sama pembiayaan dengan pola channeling yaitu kerja sama penyaluran pembiayaan kepada debitur yang direkomendasikan. “Kredit pegawai yang kami salurkan melalui KOAPGI adalah menggunakan pola kerja sama dengan Koperasi, dimana pembayaran angsuran dilakukan melalui pemotongan gaji dan langsung dilakukan oleh Koperasi. Kami selektif dalam memilih mitra untuk bekerjasama karena dalam menyalurkan kredit kami mengutamakan prinsip kehati-hatian” jelas Fahmi.

“Produk yang dipasarkan oleh Bank Banten adalah Kredit Pegawai Karya Banten, Kredit Pra Purna Banten dan Kredit Purna Bakti Banten. Melalui kerja sama dengan KOAPGI kami harapkan dapat membuka potensi bisnis sehingga dapat meningkatkan oustanding penyaluran kredit konsumer yang baru kami rintis sejak pendirian Bank Banten di Triwulan III 2016. Hingga Mei 2017, penyaluran Kredit Konsumer Bank Banten telah mencapai Rp 553,5 miliar,” tutur Fahmi.

Dengan strategi dimaksud, maka diharapkan portofolio Kredit Konsumer akan tumbuh dengan baik, berkembang dan sehat. Mengingat sebaran jaringan kantor Bank Banten yang tersebar di seluruh Indonesia, maka potensi pertumbuhan Kredit Konsumer Bank Banten akan semakin besar, dan potensi pendapatan dari sektor Kredit Konsumer akan terus meningkat. Dengan fitur produk yang bersaing dan layanan yang prima, produk Bank Banten dapat menjadi pilihan tidak hanya masyarakat Banten tetapi juga di Indonesia.