5 Pimpinan DPRD Provinsi Banten Dilantik

5 Pimpinan DPRD Provinsi Banten Dilantik

SERANG - Lima orang pimpinan DPRD Provinsi Banten periode 2019-2024 dilantik, di Gedung DPRD Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin (30/9/2019). Selain melantik pimpinan dewan, DPRD Banten juga langsung menetapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Untuk posisi Ketua Andra Soni (Gerindra) dan empat orang wakil ketuanya, Bahrum (PDIP), Fahmi Hakim(Golkar), Budi Prajogo (PKS) dan Nawa Said Ibrahim (Demokrat).

Gubernur Banten Wahidin Halim berharap agar dapat bekerja sama dalam membangun pertumbuhan masyarakat Banten. "Saya ucapkan selamat dan berharap semoga pimpinan yang baru bisa bekerja sama dan berkolaborasi bersama. Karena dengan bersama harapannya kita bisa memenuhi apa saja yang menjadi harapan dan aspirasi masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera," jelasnya.

Wakil Ketua Sementara Mukhlis yang memimpin Sidang Istimewa Pengucapan Sumpah dan Janji Pimpinan DPRD Provinsi Banten periode 2019-2024, mengharapkan agar seluruh unsur DPRD yang telah dilantik, secara kolektif kolegial dapat menciptakan masyarakat yang kondusif dan aman.

"Unsur DPRD secara kolektif kolegial adalah membangun kerja sama internal dengan seluruh anggota dewan dan eksternal dengan Pemerintah Provinsi Banten, mitra kerja, stakeholder maupun masyarakat. Sehingga dapat tercipta suasana yang aman dan kondusif dalam membangun perekonomian Indonesia, terutama Banten," terangnya.

Dalam sambutannya, Andra Soni mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran instansi dan masyarakat yang selama ini terus mendukungnya. "Terima kasih kepada Allah SWT dan terima kasih juga atas dukungannya untuk keluarga dan masyarakat, semoga kita bisa bekerjasama dalam membangun Banten," jelasnya.

Selain pengambilan sumpah/janji pimpinan baru DPRD yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Tinggi, acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis palu pimpinan dari Wakil Ketua Sementara DPRD kepada Ketua DPRD dan penandatanganan surat keputusan serta ramah tamah sebagai ucapan selamat dari seluruh anggota DPRD Provinsi Banten.

Langsung Bentuk Alat Kelengkapan Dewan
Usai pelantikan, pimpinan dewan langsung membentuk AKD, Wakil Ketua DPRD Banten Barhum yang memimpin Badan Permusyawarahan DPRD Banten berharap pimpinan AKD bisa bekerja secara efektif dan berjalan optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing yang telah diamanahkan.

Dirinya juga berharap kepada seluruh anggota DPRD Banten agar aspiratif, akomodatif terhadap apa yang disampaikan oleh masyarakat, dan juga bisa mengemban amanah rakyat Provinsi Banten. "Sudah dibentuk, mulai komisi, Badan Musyawarah, Bapemperda, BK," katanya.


Saat disinggung langkah pertama yang akan dilakukan AKD DPRD Banten dihari pertama pembentukan, lanjut Barhum, masih harus menunggu nota pengantar keuangan APBD Provinsi Banten tahun 2020 sebelum dibahas bersama-sama pihak eksekutif, pandangan umum, fraksi dan jawaban dari Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Ditaya apakah proses pembentukan AKD berjalan alot. "Biasalah, jangankan mengurus 85 orang, mengurus masing-masing fraksi sendiri juga, kalau didahului kepentigan pribadi kan repot juga. Intinya gak ada yang alot, lancar-lancar aja," katanya.

Meski begitu Barhum belum bisa merinci agenda apa saja yang akan dilakukan DPRD Banten dalam waktu dekat. "Tapi khususnya akan beraudiensi dulu dengan lembaga vertikal, Gubernur, Kejati, termasuk media," tandasnya.


Click Here To See More