PROVINSI BANTEN MENJUARAI MTQ TINGKAT NASIONAL 2016


Serang - Provinsi Banten menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 26 yang dilaksanakan di Nusa Tenggara Barat (NTB), 30 Juli - 6 Agustus 2016.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional, Said Agil Husin Al Munawar, dalam pengumuman juara umum dan 10 besar terbaik MTQ Nasional ke 26 di Kota Mataram, NTB, Sabtu (06/8/2016) malam.

"Satu Provinsi Banten," kata Said Agil disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Selain Provinsi Banten sebagai juara umum, 10 besar juara MTQ Nasional di antaranya, Provinsi Banten, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, NTB, Jawa Tengah, Riau, Sumatra Barat, Aceh, Papua Barat, dan Jawa Barat.

Menurut data Humas NTB, Khafilah Banten tercatat sebagai juara umum setelah berhasil meraih kemenangan di 6 golongan lomba disusul DKI Jakarta yang menjuarai 5 golongan, dan Kepulauan Riau 4 golongan. Khafilah Provinsi Banten menang dalam beberapa golongan seperti Tartil anak-anak putra, Hifzil Quran 20 Juz putra, Tafsir Bahasa Arab putra, Tafsir Bahasa Indonesia Putra dan Syarhil Qur'an.

Penyerahan piala bergilir MTQ kepada juara umum MTQ Nasional ke 26 tahun 2016, diserahkan langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada Gubernur Banten, Rano Karno.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh juara dan peserta MTQ Nasional. Ia berharap nilai-nilai silaturahim dan rasa kebersamaan antarkhafilah di arena MTQ tidak dikalahkan oleh semangat berkompetisi untuk menjadi juara.

"Seiring transparansi melalui tekhnologi (aplikasi e-MTQ) marilah kita tumbuhkan semangat baru untuk melakukan pembinaan potensi putra-putri daerah sendiri. Kita harus jadikan MTQ tak hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi MTQ sebagai ajang regenerasi putra-putri Qurani," kata Lukman.

Lukman menyampaikan apresiasi kepada Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi bersama seluruh jajaran serta masyarakat NTB yang dinilai sukses menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 26 di Provinsi NTB.

Lukman mengatakan, penyelenggaraan MTQ kali ini merupakan milik seluruh masyarakat. Dia mengaku menyaksikan sendiri antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi meramaikan acara ini.

Sehingga sangat terasa bahwa MTQ lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat. MTQ Nasional yang diselenggarakan di Provinsi NTB melombakan 7 cabang yang dibagi menjadi 18 golongan di antaranya cabang Tilawatil Al-Quran, cabang Tahfidz, cabang Tafsir, cabang Fahmil Quran, cabang Syarhil Quran, cabang Khat Al-Quran dan cabang Musabaqah Makalah Alimiyah Al-Quran.

MTQ Nasional ke 26 resmi ditutup dengan ditandai pemukulan lesung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua LPTQ Machasin, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dan Wakil Gubernur NTB M Amin.

 

SUMBER : KOMPAS


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Peta


Statistik Kunjungan


Kritik dan Saran